Indonesia, My Thoughts, Sosial & Politik

Korupsi di 2008

Assalamualaikum

Dear temans,

Korupsi di Indonesia makin lama sepertinya makin menjadi. 2008, 3 tahun lebih pemerintah SBY-Kalla memimpin, sepertinya korupsi masih terlihat jelas dan menjadi rahasia umum, apalagi kasus BLBI yang hingga sekarang tidak jelas juntrungannya. KPK yang seharusnya menjadi panglima di medan pertempuran dengan korupsi, sepertinya telah dikorupsi pula oleh sebagian elit negara kita. tentunya, diperlukan sebuah langkah strategis dan taktis utk melakukan langkah yang revolusioner. utk membuat langkah taktis dan strategis, harus diakui membutuhkan energi yang cukup panjang dan tidak mudah krn banyaknya parameter dan aspek yang harus diperhatikan. jika kita mereduksi berbagai parameter, dan dihadapkan oleh beberapa pilihan seperti ini, mana yang menurut anda paling efektif: (pilihnya 1 saja ya):
1. indikasi korupsi akan ditindaklanjuti, tapi hanya utk korupsi2 besar, misal setiap korupsi di atas 1 Milyar rupiah.
2. Pejabat yang terbukti korupsi, sebagai efek jera utk yang lain, dihukum gantung atau paling minimal dipotong tangannya.
3. Pemerintah memaafkan seluruh korupsi yang dilakukan hingga batas tertentu (misal akhir tahun 2007), dan semua indikasi korupsi yang dilakukan setelah batas tsb, baik besar maupun kecil akan diperiksa dan jika terbukti akan dihukum berat. Jika korupsinya benar2 merugikan negara (dalam hal ini akan berkaitan dengan sejumlah uang tertentu), maka hukumannya adalah gantung/tembak.
4. Pengawasan thd korupsi dilakukan oleh masyarakat atau bawahan. dalam hal ini, pimpinan mengawasi dan bawahan mengontrol. dan wajib membuat laporan kepada pihak/lemabaga tertentu.
5. Setiap pejabat negara, diwajibkan membuat daftar kekayaan sebelum ia menjadi PNS, dan setiap triwulan, wajib melaporkan harta kekayaannya. ketika ada laporan yang tidak sesuai dan terindikasi melakukan tindak korupsi, dia dipecat dan dilakukan proses hukum tertentu.
6. Korupsi, dalam bentuk apapun, tidak usah dijadikan masalah hukum. asalkan, korupsi yang dilakukan secara bersama-sama dan tidak melebihi angka 10% dari anggaran yang ditetapkan.
7. Gaji para pejabat/PNS dinaikkan, tapi dengan konsekuensi, siapa yang terbukti korupsi, langsung dipecat dan dihukum dengan berat.
8. Setiap pejabat negara, makin tinggi jabatannya, makin tinggi hukumannya (multiple). jadi misal kalao diurut dari PNS kena hukuman kali 1, makin tingggi jabatan berlipat kali 2, dan seterusnya hingga yang tertinggi jabatannya. tentunya dengan dibuat hukuman teringan dan terberat sebelumnya.
9. Penghilangan korupsi di indonesia dilakukan secara bertahap. sejak mulai sd hingga kuliah diberikan pemahaman dan doktrin anti korupsi… dan menunggu 10-25 tahun lagi, setelah generasi baru (yang sudah mendapat treatment) menggantikan seniornya.
10. Setiap korupsi yang dilakukan oleh pejabat negara, dimaafkan, asalkan pihak yang bersangkutan mengembalikan uang yang dikorupsi.

pilih salah satu. tidak boleh lebih…
klo pilihan anda tidak ada, tetap pilih salah satu diatas, baru kemukakan pendapat saudara.
penghapusan korupsi mungkin tidak semudah memilih pilihan diatas dalam hal implementasinya, tapi bagaimana mau di implementasikan, klo kita sendiri (baca:orang yang benci korupsi dan sering sedih dengan kondisi negara karena korupsinya) tidak berani memilih langkah, tidak memberikan usulan solusi dan berdiam diri saja.

I dare u!!! choose one of them… or give one alternative

salam hangat,

boy

Advertisements

Discussion

One thought on “Korupsi di 2008

  1. gantung aja… sambil disiarin di tv

    Posted by anti koruptor | January 3, 2008, 12:26 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

My thoughts in Twitter: @andytirtaboy

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Advertisements
%d bloggers like this: