Islam, My Thoughts

Musholla kampus kami…

Subuh ini, ramadhan harike 21, ada satu cerita menarik dan cukup bikin hati gemetar… Cerita simplenya, terjadi di mushola kampus kami, Yeungnam Univ.

Pertama, jangan membayangkan mushola kami seperti bangunan khas di Indonesia, ada tulisan kaligrafi, ada pengeras suara dan menjadi bangunan terpisah, tidak seperti itu. Musholla kampus kami adalah sebuah ruangan yang alhamdulillah cukup bagus, berukuran 3 shaf (1 shaf kepakai oleh Imam dan satu shaf bisa diisi oleh sekitar 15 orang), terletak di sebuah gedung analisis center, lantai 3, dan menempati lokasi paling pojok. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, kami sangatlah bersyukur atas kehadiran mushola tersebut.

Sejak ramadhan kali ini, kami mencoba memberanikan diri untuk memulai solat subuh di sana. Baru dimulai saat ini, karena selama ini kami berfikir agak sulit memasuki gedung dengan fasilitas peralatan berteknologi tinggi pada sekitar pukul 5 pagi, setiap hari. mengingat gedung tersebut dilengkapi oleh sarana pengamanan yang cukup tinggi, mulai dari cctv, pintu dua lapis dlsb. Tapi ketika ditanyakan kepada pihak kampus apakah memungkinkan utk solat subuh disana, alhamdulillah kami diberikan kesempatan utk solat subuh berjamaah disana.

Adalah Ahmad, mahasiswa dari Mesir yang juga Imam musola kami yang selalu menyemangati kami utk datang solat berjamaah di musola tersebut. Berkali-kali dalam setiap hutbah jumatnya, beliau selalu mengingatkan kepada kami, akan pentingnya solat subuh berjamaah. Si Ahmad ini termasuk orang yang ‘keras’, tanpa ada negosiasi dalam masalah keislaman. bahkan dahulu pernah, dia seorang diri menyatakan bahwa gerakan solat beberapa ‘brother’ dari beberapa negara tertentu salah. Debat habis-habisan dan akhirnya, dengan kelapangan hati dan fikiran terbuka, para ‘brother’ tersebut menerima masukan si Ahmad. Anyway, peran Ahmad di Mushola kami sangatlah besar, mungkin dialah juga yang membuat kami datang subuh ini…

Subuh ini, sekitar 20 menit waktu sahur habis, kami para muslim yang ada di sini mendatangi mushola tersebut. Agak terenyuh, karena jumlah jamaah yang ada relatif konstan dari awal ramadhan hingga hari ke 21 ini. Tidak seperti pameo yang ada, makin lama makin habis shafnya, hehe, (kalo kami shafnya berkurang 2-3 shaf berarti ga ada yang solat, hehe). Tidak seperti itu. saya melihat rona-rona semangat awal ramadhan masih terlihat di wajah para ‘brother’ tersebut. Hal yang tambah bikin terenyuh lagi adalah, saat itu, pintu gedung kami tidak bisa dibuka seperti biasanya. saya melihat para brother ‘nongkrong-nongkrong’ di pinggir gedung menunggu pihak keamanan kampus utk membuka gedung tersebut. dari wajah mereka, semangat itu tetap ada, dan bahkan wajah penuh pengharapan agar bisa solat berjamaah di mushola tersebut sangat lah besar.

Di saat-saat menunggu itu, terbesit di fikiran saya. Ketika saya di Indonesia, begitu mudahnya saya menyepelakan solat berjamaah di mesjid/musola, apalagi solat subuh berjamaah. padahal jarak musholla yang tidak terlalu jauh, tanpa ada penjagaan ketat utk ke mushola, tanpa perlu menunggu keamanan membuka pintu, azan terdengar keras dan liuk2 : solat itu lebih baik daripada tidur, sepertinya tidak menjadi ‘alarm’ berharga di telinga. Saat ini kami bersyukur dengan kehadiran mushola tersebut, dan semoga, bisa menjadi penyemangat buat kita semua yang diberikan kelapangan dalam beribadah. Kemudahan dalam melakukan sesuatu yang baik, bukan berati membuat kita berleha-leha untuk melakukan kebaikan tersebut…

salam adem,
autumn in Gyeongsan, South Korea

Advertisements

Discussion

3 thoughts on “Musholla kampus kami…

  1. cayo ndi!dgn segala keterbatasan yg ada, biasanya akan membuat segalanya terasa lebih indah.. (halah.. gw!)

    Posted by ciya | September 21, 2008, 4:46 pm
  2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    Posted by andimasboy | September 21, 2008, 11:53 pm
  3. Terima kasih utk komennya ci,semangat2

    Posted by andimasboy | August 13, 2010, 8:09 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

My thoughts in Twitter: @andytirtaboy

Advertisements
%d bloggers like this: