Artikel Bebas, Building, International, My Thoughts

Visa to Japan….

Alhamdulillah, satu paper keterima di salah satu International conference di Jepang, yaitu International Conference in Mechanical Engineering di mana banyak banget bidang yang ‘digarap’ di sana. hehe, bagi gw yang hobi jalan2, sarana dan event international conference kaya gini bukan hanya ajang untuk dengerin komentar/masukan utk riset gw dan ketemu sama pakar2, professor2 dan ahli2 di bidang yang gw tekuni saat ini,,, tapi juga ajang jalan-jalan, heuehuehue….

Sebelum ke Jepang, atau negara lain yang mau kita kunjungi, umumnya diberlakukan syarat pengajuan visa. Mungkin berbeda untuk temen2 yang tinggal di eropa kalo mau main2 ke negara EU, kalo gak salah ada istilah visa schengen (?) cmiiw. oh ya, ada istilah yang menarik dari salah satu temen gw yang sekarang mengabdi di KBRI belanda, si Reka bilang, kalo tinggal di Eropa, kepleset sedikit aja udah pindah negara, hahaha…. hal itu karena mudahnya transportasi dan sarana penunjang untuk jalan2 seputar sana.

Oh ya, karena gw tinggal di Daegu, akhirnya gw ngurus visa ke jepang itu di salah satu konjen jepang yang ada di busan. karena bikin visa ini, gw baru ngeh bedanya konjen (konsulat jenderal) dan kedutaan besar (embassy), hehe. Jadi klo di satu negara itu hanya ada satu kedubes, yaitu yang ngurus2 hal2 diplomatik antar negara, dan termasuk urusan visa di dalamnya. tapi, konjen lebih lebih ‘sedikit’ cakupannya,,, agak mirip dengan kedubes, cuma lebih fokus ke urusan orang per orang atau juga urusan bisnis/company aja. berbeda dengan kedubes juga, kalo konjen itu bersifat temporer,,, bisa2 aja tahun ini ada konjen yang dibuka, .

Balik lagi ke visa jepang… ternyata, agak ribet juga ke jepang. kendala pertama gw hadapi adalah website konjen-nya yang gak ada bahasa inggrisnya, heuheue,,, semuanya hankuk-mal (bahasa korea), ngelus2 dada aja lah bacanya, haha… akhirnya tanya2 sama mutia dan si randy, temen dari daegu juga yang pernah melancong ke sana. beberapa persyaratan utk apply visa jepang a.l : alien card (kartu alien, hehe), pasport (pastilah), fotocopy buku tabungan (aih, malu jumlahnya, hehe), schedule selama di jepang (kalo bisa bikin lengkap, kapan jalan2, kapan cengar cengir, jeprat jepret foto, kapan mandi, kapan b*b, kapan makan, hahaha). dengan bekal kelengkapan itu, gw ke konjen jepang yang di busan dan tenyata,,, gak bisa bikin hari itu, karena ada persyaratan yang kurang lengkap, yaitu: re-entry permit (gw dah nego2, kan gw bisa bikin di airport, tapi gak bisa juga), surat enrollment gw di kampus (gw nego lagi, kan ini gw bisa nunjukin kartu mahasiswa di sini, tapi gak bisa juga), letter of reason (ini agak aneh juga, kan gw udah ada invitation letter dari panitia penyelenggara, ngapain coba pake reason2an). yah, nurut ajalah, daripada gw buat gaduh di kantor orang, hehe… satu lagi deh uneg2nya, si petugas yang ngelayanin gw bahasa koreanya jago banget (ya iyalah, dia orang korea), cuman bahasa inggrisnya itu loh, bikin gw mau test toefl ulang, hahahaha…
Alhasil, gw ke sana lagi beberapa hari kemudian setelah gw bikin reentry permit di immigration office di daegu, bikin certificate of enrollment di kampus dll. ke konjen jepang lagi, ketemu dengan petugas yang beda, yang kali ini bahasa inggris nya lumayan cakep (jadi kembali pd gw sama bahasa inggris gw, heuheueu). dan dengan penuh semangat gw dah siap ngasih duit buat bayar visanya, tapi doi trus bilang: besok ya mas jadinya…. beuhhhhh, untung gak ada bata di situ, kalo ada ya gak apa2 sih, hahaha…. alhasil, ampe 3 kali gw ke sana….

moral cerita,,, klo mau ambil visa jepang dari korea, hubungi gw ya, cukup gw lah yang kesana ampe 3 kali, hehe…


Advertisements

Discussion

One thought on “Visa to Japan….

  1. Ass mas, bisa bagi-bagi apa aja persyaratan untuk dapet visa jepang di konjen busan.Makasih sebelumnya.Wassalam,Rudy

    Posted by Rudy | November 17, 2010, 8:03 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

My thoughts in Twitter: @andytirtaboy

Advertisements
%d bloggers like this: