Artikel Bebas

Sabtu sore yang penuh hikmah

Kemarin ketemu sama seorang Ustadz, beliau bercerita tentang 3 orang sahabat yang tidak ikut berperang bersama Nabi Muhammad saw. satu dari 3 orang tersebut, adalah seorang pemuda, yang kuat, dan sangat2 mampu untuk berperang, sedang 2 orang yang lain, cukup uzur, walau masih memiliki kewajiban untuk berperang.

Ada yang unik…

Yang unik, Ka’ab bin Malik, nama pemuda tersebut, mengakui kelalaian beliau. Pemuda ini sadar, kalau dia mau ikutan berbohong layaknya para munafiqun, bisa2 aja. Alasan kan gampang lah dicari. Dan how to convince someone, kita semua tau, bisa saja dilakukan dengan banyak cara. tapi tidak dengan pemuda yang satu ini, dia UNIK.

Dia jujur, dia berleha2 sebelum berperang. Padahal dia mau unutk ikut, tapi dia terlalu santai. Dengan bekal alasan tersebut, Ka’ab menghadapa Rasullulloh saw, begini begitu ya Rasul… Rasululloh saw saat itu ‘marah’, dan mengatakan, tunggulan ketentuan dari Allah dan Rasul nya. (marah dengan tanda kutip saya pikir lebih pas).

hukuman kepada pemuda ini, unik pula,,, dikucilkan, diboikot, dicuekin dari komunitas sekitarnya. Jadi, kalo si pemuda ini ngobrol dengan seseorang, orang yg diajak bicara tidak mengindahkannya, ke pasar, orang2 menganggap dia gak ada, ketika bertatap muka dengan Rasululloh, Beliau saw memalingkan muka… Ka’ab, dan orang2 saat itu tidak ada yang tau, kapan hukuman tersebut akan berakhir. ternyata selama 40 hari hukuman tersebut dilaksanakan. selesai? tidak. sejak hari ke 41, sang istri dilarang untuk ‘menjalankan kewajibannya’ kepada Ka’ab.

Dunia terasa sempit bagi Ka’ab. Orang2 yang biasa mencintai dia, istri, sahabat2nya, bahkan Rasululloh saw, menghindar darinya. Andai kata saya jadi Ka’ab, stresss dan nangis2 kayanya… cobaan datang lagi bagi Ka’ab. Dia mendapatkan surat ajakan bergabung kepada musuh saat itu, dan dijanjikan beragam kelebihan dan keuntungan. Dengan sigap, dirobek surat itu, dan dibuangnya…

Hal yang unik lagi, walau begitu, Ka’ab tetap menjalankan ibadah, dan terus berusaha bertaubat. tak kenal lelah, dan selalu berprasangka positif terhadap segala ketentuan Allah swt.

Hari yang indah datang bagi seorang Ka’ab. Seorang sahabatnya menyapa dan memberitahu, bahwa turun sebuah ayat, yang mengatakan bahwa hukuman pengucilan kepada Ka’ab telah berakhir. Ka’ab sangat senang. Saking senangnya, Ka’ab yang merupakan salah satu saudagar kaya saat itu, langsung memberikan pakaian terbaiknya kepada orang yang pertama kali memberitahu hal tersebut. Saking senangnya, beliau samapai meminjam sebuah baju dari teman lain, karena ingin bertemu dengan Rasululloh saw dan mengkonfirmasi hal tersebut dengan pakaian yang terbaik.

Sepanjang perjalanan menuju rumah Rasululloh, Ka’ab bak disambut bagai raja oleh orang2 di sekitar. Semua meng-elu2kan nya. Semua sangat mencintai Ka’ab, dan Ka’ab pun mencintai mereka. ketika bertemu dengan Rasul, ka’ab bertanya akan benar tidaknya sesuatu yang ia dengar dari sahabatnya, Nabi membenarkan…

*cerita ttg Ka’ab tercatat dalam Q.S. Attaubah, ayat 118
“dan terhadap tiga orang [Yaitu Ka’ab bin Malik, Hilal bin Umayyah dan Mararah bin Rabi’. Mereka disalahkan karena tidak ikut berperang.] yang ditangguhkan (penerimaan taubat) mereka, hingga apabila bumi telah menjadi sempit bagi mereka, padahal bumi itu luas dan jiwa merekapun telah sempit (pula terasa) oleh mereka, serta mereka telah mengetahui bahwa tidak ada tempat lari dari (siksa) Allah, melainkan kepada-Nya saja. Kemudian Allah menerima taubat mereka agar mereka tetap dalam taubatnya. Sesungguhnya Allah-lah Yang maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Hikmah cerita… ?
silahkan disimpulkan sendiri.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

My thoughts in Twitter: @andytirtaboy

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Advertisements
%d bloggers like this: