Artikel Bebas, Indonesia, Organisasi dan Kepemimpinan, Sosial & Politik

Lagi, Silaturahim ala Anggota Dewan di Korea Selatan, kali ini bersama para Pimpinan MPR

Wakil rakyat kumpulan orang hebat…” Surat buat Wakil Rakyat, Iwan Fals

Minggu 17 Juli 2011, bertempat di Wisma Duta Seoul, diadakanlah pertemuan warga Indonesia di Korea Selatan bersama para Pimpinan MPR, Anggota DPR dan DPD RI yang hari ini tentunya sangat ‘spesial’, karena juga dihadiri oleh Ketua MPR RI, Bapak Taufik Kiemas. Kedatangan ini terasa cukup mendadak bagi kami para Mahasiswa Indonesia di Korea Selatan, hal ini bisa dilihat dari undangan yang disampaikan H-1 sebelum acara, dan uniknya, teramat sangat sulit informasi dan berita yang bisa kami akses terhadap kedatangan kali ini, baik di koran-koran nasional, maupun situs DPR/DPD dan MPR RI, luar biasa.

Acara ramah tamah tersebut dimulai dengan makan malam bersama, diikuti sambutan yang dilakukan oleh Bapak Nicholas T. Dammen, Duta Besar RI untuk Korea Selatan yang memaparkan pencapaian-pencapaian yang dilakukan oleh KBRI Seoul, terutama di bidang ekonomi (investasi), sosial dan juga budaya antar kedua Negara. Singkat dan padat, kami dengan mudahnya memahami apa-apa yang bisa disampaikan oleh beliau. Acara berikutnya dilanjutkan oleh sambutan Ketua MPR RI yang ditemani oleh beberapa ‘juru bicara’ yang merupakan para Wakil Ketua MPR RI.

Sambutan Ketua MPR RI Bapak Taufik Kiemas dimulai dari pemaparan kondisi Indonesia yang saat ini menurut beliau sangat stabil, dengan standar kondisi politik, sosial, ekonomi dan juga berbagai investasi yang dilakukan banyak Negara di Indonesia, salah satunya Korea Selatan. Kehadiran beliau pun dirasa sangat penting untuk menjelaskan kepada Korea bahwa Indonesia saat ini ‘sangat aman’ untuk berinvestasi, pariwisata dan lainnya. Lain hal, beliau juga menyebutkan, bahwa kehadiran beliau pun juga dikarenakan undangan yang dilakukan oleh Dubes Korea Selatan di Jakarta dan juga kunjungan balik yang dilakukan oleh Parlemen Korea pada beberapa tahun sebelumnya.

Forum tanya jawab pun dibuka setelah sambutan Ketua MPR berakhir. Pertanyaan awal dilontarkan oleh salah satu mahasiswa Indonesia di Korea selatan yang menanyakan, apa yang dapat dilakukan oleh MPR, sebagai Lembaga yang menggawangi DPR dan DPD, untuk sekitar 30 ribu pekerja dan 300 pelajar Indonesia di Korea Selatan yang sangat berpotensi membangun Indonesia? Serta dilanjutkan oleh pertanyaan dan pernyataan keprihatinan, atas maraknya studi banding yang dilakukan oleh Anggota DPD dan DPR yang tidak menunjukkan efektivitas dalam perjalanannya. Pertanyaan lain ditanyakan oleh rekan-rekan pekerja Indonesia di Korea Selatan seputar adanya rencana pembangunan mesjid di Korea Selatan yang kekurangan dana. Pertanyaan sesi kedua ditanyakan oleh mahasiswa Indonesia lainnya, yang menanyakan transparansi kedatangan para ‘tamu’ tersebut dan juga harapan akan dukungan terhadap berlangsungnya Universitas Terbuka yang dikelola oleh para Mahasiswa Indonesia di Korea melalui Persatuan Pelajar Indonesia di Korea Selatan (PERPIKA).

Pertanyaan, pernyataan dan harapan tersebut ditanggapi oleh tiga orang Pimpinanan MPR lainnya, para anggota DPR dan DPD yang duduk di depan bersama Ketua MPR RI. Secara umum, jawaban dirasakan terlihat tidak konkret dan menyentuh substansi serta ekspektasi para hadirin yang hadir. Sebagai contoh, mengenai kunjungan kerja yang dilakukan oleh para Anggota DPR/DPD ke LN, dijawab bahwa tidak bisa dilihat efektivitas-nya dari hasil yang dicapai berdasar sisi nominal yang dihasilkan, misal dengan mengkomparasi dengan perusahaan swasta/BUMN. Padahal, substansi yang harusnya dibahas adalah efektivitas kepergian Anggota Dewan yang diukur dari jumlah anggota yang hadir, durasi dan agenda kunjungan, pelaporan, pencapaian yang diharapkan, nilai dan hasil yang dikaryakan dan sebagainya. Pengistilahan bahwa kepergian mereka saat ini sebagai muhibbah (perasaan persahabatan dan kasih; harta yg tidak berwujud dari suatu perusahaan yg ditaksir sebagai nilai tambahan dari perusahaan itu -KBBI red) dan karena ‘sudah dianggarkan’ dan harus dilaksanakan, pun dirasakan mencederai semangat APBN sebagai ‘kantong bersama’ para rakyat Indonesia. Angin sepoi yang dihembuskan tentang tema tersebut adalah akan adanya usaha moratorium oleh Ketua DPR saat ini terhadap kebijakan ‘silaturahim ala anggota Dewan’.

Diskusi dan penampungan aspirasi ini pun dikkhawatirkan tidak ditindak lanjuti oleh para ‘tamu’ tersebut, alias hanya pemanis belaka. Bagaimana tidak, sepengamatan penulis dalam acara ini, tidak satupun para Anggota Dewan, maupun Pimpinan MPR yang terlihat sibuk mencatat aspirasi atau hanya sekedar menuliskan sebaris-dua baris masukan dan harapan dari WNI yang hadir. Untungnya di akhir acara, salah satu Pimpinan MPR yang berasal dari daerah Pemilihan Jakarta dan LN menyampaikan bahwa segala pertanyaan dan aspirasi dapat disampaikan melalui email dan nomer handphone beliau yang disebutkan di forum tersebut, 08188-10444 atau di melanisuharli@gmail.com sebagai email yang sering dibuka beliau. Salah seorang hadirin berujar, kirain pake yah** dot com.

*Penulis

Andy Tirta

Mahasiswa Yeungnam University, Korea Selatan

-tulisan adalah atas nama pribadi, tidak terkait dengan institusi manapun. Penulis bertanggung jawab atas segala isi tulisan.

Advertisements

Discussion

4 thoughts on “Lagi, Silaturahim ala Anggota Dewan di Korea Selatan, kali ini bersama para Pimpinan MPR

  1. Curang aku nggak diajak, males nih nyimpen duit terussss. ajak ajak dong !!

    Posted by Me | July 18, 2011, 11:07 pm
  2. adeuh2,,, ampun Pa Anggota Satuan, kkkk…

    Posted by andimasboy | July 18, 2011, 11:40 pm
  3. Alhamdulillah saya gak ikut datang,kalau jadi ikut bisa2 para anggota dewan kapok gak mau ke korea lg,karena bakalan dicuci bersih otaknya sampai kinclong,biar gak mbulet kayak benang.

    Posted by subhananas | July 22, 2011, 10:19 am
  4. hahaha, bisa aja Pa Subhan, hihihi

    Posted by andimasboy | September 29, 2011, 3:35 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

My thoughts in Twitter: @andytirtaboy

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Advertisements
%d bloggers like this: