Artikel Bebas, International, Islam

September Ceria Part II (24 jam bersama Ust. Arifin Ilham)

September ini, suasana hati dan fisik bukan hanya dihibur oleh kegiatan ‘duniawi’ saja, Alhamdulillah, penyegaran jiwa juga dapet. Hal ini bisa dirasakan pada saat kehadiran Ust. Arifin Ilham, seorang Da’i yang sangat terkenal di Indonesia. Siapa coba yang tidak kenal Ust. Arifin Ilham? Hehe, ternyata jawabannya, banyak juga WNI di Korea yang tidak mengenal beliau. Entah apa alasannya, mungkin salah satunya: sudah kelamaan di Korea kali ya, hahaha…

Jenggot-nya sih udah bisa bersaing lah, hahaha

Pengalaman bersama Ust. Arifin Ilham sangat mengesankan. Ceritanya bermula, kami di Komunitas Muslim Indonesia, membentuk panitia persiapan kedatangan dan acara Tabligh Akbar. Di sini, saya melihat orang2 jatuh bangun, memutus urat malu, berlelah-lelah, tertawa, khawatir, takut, panik dlsb campur baur di persiapan dan pelaksanaan acara. Salut lah sama orang2 tersebut. Pernah dalam suatu percakapan bersama seorang teman, saya sampe bilang: “kalau itu orang2 nyuruh gw apa aja, gw siap dan berusaha sekuat tenaga untuk ngelakuin yang mereka minta…”. Omongan tadi bukan omong kosong belakang belaka, tapi bener2 gw sadari dari apa yang gw ucapin. Mereka, para WNI bertitel: ‘Pejuang’ yang ada di Korea ini, senin sampe sabtu kerja di Pabrik2 di KorSel, 12 jam sehari, di malam harinya, setiap minggu mereka menyempatkan diri untuk ikut rapat, di hari minggu yang ‘seharusnya’ bisa dipakai untuk berleha2 santai, tapi mereka gunakan untuk mengelola Musholla/Mesjid. Wajar dong, kalau gw merasa siap ‘berkorban’ untuk orang2 yang menunjukkan dedikasi macam mereka… saluuuut. Banyak hal yang gw pelajari dari mereka lah, salah satunya: jangan pernah merasa diri ini sudah ngelakuin hal yang besar untuk ‘ummat’, dan tetaplah jaga keikhlasan dan ketulusan, karena apa yang kita lakuin saat ini, belum ada apa2nya sama mereka. Eh iya, tadi padahal mau bahasa Ust Arifin Ilham, oke, masuk ke paragraph 3 utk Ust Arifin deh, hehehe…

Ketika Ust Arifin sampai di acara TA di Ujongbu, suasana hujan rintik menyelimuti acara, Alhamdulillah, Ust mulai acara, hujan rintik berangsur usai, subhanallah. Banyak hal yang disampaikan Ust, beberapa point penting di antaranya:
a.       Jagalah wudu setiap saat;
b.      Setiap hari: solat subuh berjamaah, berinfak, solat tahajud, solat dhuha, membaca AlQuran dan berusaha memahami maknanya serta berusaha mengaplikasikannya.
c.       Memaafkan seseorang yang berbuat salah sama kita
d.      Menikah!
Ada momen2 ketika posisi saya dan Ustadz Arifin sangat dekat sekali, sehingga bisa mengenal beliau sedikit lebih mendalam. Bertanya akan permasalahan-permasalahan yang ada di kehidupan dan Ummat, maupun juga masalah-masalah yang dihadapi diri pribadi…  Sosok Ust Arifin saya pikir memang sangat kuat di masyarakat Indonesia saat ini, bukan hanya sebagai Tokoh Agama, beliau juga bisa dianggap sebagai Tokoh Masyarakat yang pemikiran dan tindak tanduknya dapat memberikan perbaikan dan mobilitas vertical masyarakat Indonesia.
Dalam suatu pembicaraan di pesawat (saat itu saya punya tugas menemani Ust dalam perjalanan dari Seoul ke Busan), Ustadz bertanya tentang rencana ke depan saya, saya ceritakan bla bla bla,,, Alhamdulillah, Ust memberikan masukan2 yang menyegarkan dan menyemangati. Saat itu Ust bertanya, tentang kondisi keluarga, berapa bersaudara, asal mana dlsb,,, kesimpulan dari Ustadz: “kalau antum cari pendamping nanti, harus yang sayang sama keluarga, karena antum berasal dari keluarga besar…”. Catet! Hehehe…
Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

My thoughts in Twitter: @andytirtaboy

Advertisements
%d bloggers like this: