Artikel Bebas

Salju-an

Biasa, sebagai WNI yang baik dan benar, saya dan beberapa teman di kampus termasuk kepada kaum yang sampe sekarang masih ‘norak’ aja kalau liat salju. Tapi kalau saya liat2 juga, orang Korea/Bule2 yang biasa ngerasain salju, mereka pun selalu ada rasa ‘nyesssss’ ketika liat salju. “Oh, there’s snow….”, “uaaa, nun-i waaa’, kata orang bule dan korea.

Namun begitu, degree of kenorak-an orang Asing yang biasa hidup di subtropical countries dan orang2 tropis kaya WNI, bisa diliat dari beberapa indikator :D, di antaranya:

a. Sengaja keluar ngerasain ketiban salju padahal suhu udara dingin

b. Megang-megang salju: di pegang, di genggam, di puteerrr, kadang di jilat kaya oreo 😀

c. Foto2? wajib! Sebagai bukti kepada anak cucu nanti di kampung halaman: dulu Kakek pernah megang salju Cucu-ku. Apa buktinya Ke? No Pict = Hoax kalau kata forum sebelah,,, nah di sini lah kita bisa dengan PD menjawab: “Ini buktinya….”

d. Bikin Bonek Salju dengan penuh perjuangan

e. Ngeliatin salju turun beberapa saat, minimal 1 menit lah, sambil menggalau…. #eaaaa

Manusia2 Tropis detected! 😀

Oh ya, tiba2 kepikiran, kenapa salju warnanya putih? padahal kan kita tahu kalau saljunya nanti udah mencair, atau kita kumpulin di gelas :D, pasti nanti airnya jadi bening. Sebenarnya gak perlu liat salju untuk bisa mengerti kenapa jadi putih, liat aja foto di bawah ini:

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQAH2ydMqADidQzMhDwkWzG31f_U_ovv9CkJN1qivEhihChUYlaWtf_wCChJikalau ada sirup, susu kental manis, dan gelas, cukuplah kita buka cabang Es Teler 77 saat salju 😀

Kenapa salju atau es serut warnanya jadi putih padahal bahan pembuatnya adalah transparan/bening? alasan simpelnya: karena struktur/bentuk kristal dari salju-nya itu sendiri. Salju adalah es dengan bentuk kristal yang kompleks, berukuran sangat kecil dan mengumpul banyak. Banyaknya poros, ‘retak’, bentuk yang kaya ‘corn flakes‘, menyebabkan sinar yang harusnya diteruskan (sebenernya gak murni diteruskan sih, diserap dikit dan terus diteruskan/translucent) dari ‘setitik’ salju yang kecil akhirnya dibelokkan ke arah yang lain dengan tidak beraturan, dan ketika diteruskan, menabrak bentuk yang sama (tidak beraturan), trus menerus. Selain juga karena warna putih yang paling banyak dipantulkan dari salju, sebagaimana kita ketahui, kalau seluruh warna yang terdispersi disatukan, maka yang terlihat adalah warna putih.

https://i0.wp.com/www.significancemagazine.org/SpringboardWebApp/userfiles/sig/image/AbdelUpload/SnowflakeGraph.JPG

Bentuk salju yang dipengaruhi oleh Temperature dan derajat kejenuhan

Butuh bukti bahwa ‘retak’/bentuk es ini penyebabnya? Coba masak es batu di dalam kulkas (masak kan gak selalu pake api ya?hehe), tunggu es jadi setengah matang :D, es setengah matang itu sebagian sudah jadi es, sebagian lagi masih berair. Nah, ketika kita keluarkan, es dalam bentuk yang sangat padat, tanpa ada ‘retak’ di dalamnya, masih terlihat transparan. Coba iseng-iseng, coba ketuk es tersebut, hingga benjol :D, eh, maksud saya, ada sedikit retak di sana, apa yang terjadi? warna putih mulai keluar, segaris dua garis, atau lebih. Bisa kita bayangkan, kalau retaknya banyak, kecil2,  maka yang dominan nanti adalah  warna putih :).

transparency

Jadi inget pelajaran dulu waktu S1 😀 (Thx God, it’s useful, huehehe). (anw, gila niat banget masukin Callister ke blog, haha)

Nah, kalau kita bertanya lagi, terlepas dari kepadatan suatu benda, kenapa sih ada material yang bening, ada juga material yang ‘mengkilat’, memantulkan cahaya, berwarna? hmmm, di topik lain kita akan bahas deh, hehehe…. tapi aye kasih hint-nya: band gap. 🙂

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

My thoughts in Twitter: @andytirtaboy

Advertisements
%d bloggers like this: