Artikel Bebas, Organisasi dan Kepemimpinan

Organisasi

Apa alasan anda berorganisasi?

Jawabannya tentu beragam, mulai dari memperluas jaringan, aktualisasi diri bahkan ada juga yg sekedar: menambah CV… 😀

Setelah ikut2an beberapa organisasi, saya berpendapat, organisasi bukan hanya sebuah media yang menjawab kebutuhan lingkungan, pelayanan atau rutinitas turun temurun periodisasi saja, tapi ada hal2 yang gak kalah penting: organisasi adalah ajang pelatihan (training) utk para pengurusnya, simulasi menerapkan ilmu, pengetahuan dan pengalaman dalam job desk yang ia geluti. Karenanya, seseorang yang mengikuti sebuah organisasi harus memastikan dirinya bisa lebih pintar, lebih tajam dalam menganalisa dan menjadi lebih berkembang, pasca berakhirnya masa kepengurusan.

Sebagai contoh peran Ka Bidang yang saat ini sering terlupakan: menjadi Manajer yang memiliki inisiatif program kerja dan pengembangan, pembinaan kepada staff, mampu berdiskusi lintas bidang, serta mampu menerjemahkan bahasa konsep dan targetan sang Ketua menjadi kerja nyata. Tidak sedikit Ketua Bidang saat ini di setiap organisasi menjadi ‘beban’ untuk Sang ketua. Karenanya tidak jarang saya katakan dalam beberapa kesempatan: “kalau jadi ketua bidang itu harus tau diri, jangan cuma nama saja yang nempel di list kepengurusan, tapi performance tidak menunjukkan apa-apa”.

===========

tulisan ini sebenernya lebih panjaaang dari yang seharusnya, tapi terpotong karena Apps WordPress saya di HP yang tiba-tiba nge-hang. wassalam dulu deh, huehehehe

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

My thoughts in Twitter: @andytirtaboy

Advertisements
%d bloggers like this: