Islam

This category contains 9 posts

Rajin solat tapi bandel; Perangainya baik tapi gak solat… gimana dong? :)

Tepat seminggu lalu, Abang Ipar saya, yang juga caleg dari partai X untuk daerah pemilihan DKI (upss…, kkk, hampir kena kampanye terselubung :p), memberikan sebuah buku yang cukup ‘tua’. Tua bukan karena lamanya itu buku, tapi judulnya yang sedikit agak bikin dahi berkerut, judul buku tersebut: “Ayah…”, sebuah tulisan tentang kehidupan sehari-hari dari Buya HAMKA … Continue reading

Tentang Bupati ****g yang sedang terkenal :D

Dalam sebuah milis komunitas yang saya ikuti, seseorang membuka topik ttg seorang Bupati yang dianggap ‘nyeleneh’, karena pernikahan singkatnya. Kaget juga saya dengan judul thread itu. “Wah, sepertinya akan ‘unik’ nih pembahasannya“, gumam saya dalam hati,  karena banyak berita saat ini, status fb, komen di twitter, komentar2 di forum, mirip di manapun… Secara umum, hampir … Continue reading

Belajar Ikhlas demi Masa Depan

Ikhlas. Kata ini mungkin sering sekali kita ucapkan, namun di saat yang sama kita selalu memberikan embel-embel : ikhlas itu tidak mudah loh. Persepsi ini ternyata berkembang dan terus ada di alam bawah sadar kita. Sehingga tidak dinafikkan, kadang kita sering bertanya, apakah saya ikhlas atau tidak melakukan perbuatan ini, dan itu. Dalam Al-Quran, Allah … Continue reading

Bersegera dalam menajalankan perintah Allah swt

Kehidupan para sahabat selalu memberikan hikmah, penyemangat dan pelajaran dalam hidup kita. Dalam kesehariannya, berbagai problematika sosial dipaparkan secara gamblang dalam siroh nabawiyah. Satu yang menarik, adalah kisah seorang sahabat yaitu Ka’ab bin Malik dan dua orang rekannya. Suatu waktu, Rasululloh SAW memerintahkan para kaum muslimin saat itu untuk berjihad melawan para musuh-musuh Allah. Ka’ab … Continue reading

Tahanlah Amarah

Islam sebagai agama yang memberikan kebaikan kepada alam semesta memberikan panduan kepada para pemeluknya untuk melakukan hal-hal yang terbaik dalam kehidupan social bermasyarakat. Sebagai sebuah panduan dalam hidup sukses di dunia dan akhirat kelak, apa-apa yang menjadi kewajiban dan larangan dalam Islam sejatinya adalah untuk manusia-lingkungan sekitar dan pemeluk Islam sendiri. Dalam sebuah hadist shahih … Continue reading

September Ceria Part II (24 jam bersama Ust. Arifin Ilham)

September ini, suasana hati dan fisik bukan hanya dihibur oleh kegiatan ‘duniawi’ saja, Alhamdulillah, penyegaran jiwa juga dapet. Hal ini bisa dirasakan pada saat kehadiran Ust. Arifin Ilham, seorang Da’i yang sangat terkenal di Indonesia. Siapa coba yang tidak kenal Ust. Arifin Ilham? Hehe, ternyata jawabannya, banyak juga WNI di Korea yang tidak mengenal beliau. … Continue reading

indahnya batal puasa bersama…

Pertama, marilah kita saling berbaik sangka dahulu, hehe… Judul di atas bukanlah sebuah proses pelanggaran terhadap syariat agama yang mewajibkan bagi kaum muslimin untuk berpuasa di bulan ramadhan. Batal yang dimaksudkan di sini adalah membatalkan puasa ketika azan maghrib telah berkumandang (tidak berkumandang dari mesjid/tv juga sih, tapi pake software http://www.islamicfinder.org , hehe). Batal bersama … Continue reading

Musholla kampus kami…

Subuh ini, ramadhan harike 21, ada satu cerita menarik dan cukup bikin hati gemetar… Cerita simplenya, terjadi di mushola kampus kami, Yeungnam Univ. Pertama, jangan membayangkan mushola kami seperti bangunan khas di Indonesia, ada tulisan kaligrafi, ada pengeras suara dan menjadi bangunan terpisah, tidak seperti itu. Musholla kampus kami adalah sebuah ruangan yang alhamdulillah cukup … Continue reading

Idul Adha, Hari Ibu dan Natal 2007

Idul Adha, Hari Ibu dan Natal 2007 Besok, umat Kristiani dunia merayakan Natal. Kemarin, 23 Desember, kita mencoba memaknai kembali akan besarnya arti sebuah kata: Ibu. Dan beberapa hari yang lalu, umat Islam diseluruh dunia, merayakan hari raya Idul Adha 1428 H. Perayaan 3 hari tersebut dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, tapi jika kita mencoba … Continue reading

My thoughts in Twitter: @andytirtaboy