Sosial & Politik

This category contains 11 posts

Laporan Penyerahan Bantuan Kepada Korban Bencana Bima (24 – 25 Agustus 2016)

  Gambaran Umum Pada Jumat 23 Desember pukul 21.30 WIB broadcast message ke beberapa grup WA kami lakukan. Isi BC tsb kurang lebih menyampaikan bahwa kami (saya dan 3 orang relawan + supir) akan ke Bima untuk ikut membantu korban banjir bandang di Kota Bima dengan mendistribusikan barang/kebutuhan, dan membuka kesempatan untuk seluruh rekan yang … Continue reading

Lagi-lagi, tentang demonstrasi turun ke jalan

Dalam salah satu serial buku ‘Gajah Mada’ karangan Langit Kresna Hadi, saya baru mengetahui bahwa ternyata di zaman kerajaan dahulu, terutama saat Majapahit berkuasa, demonstrasi sudah dilakukan oleh rakyat kepada penguasa. Mereka tidak memakai istilah demonstrasi yang merupakan serapan asing, tapi menggunakan istilah pepe. Pepe dilakukan oleh masyarakat dengan cara menjemur tubuh tanpa baju, di tengah hari yang … Continue reading

Mahasiswa, kenapa harus turun ke jalan?!

Meme sindiran kepada mahasiswa cukup banyak beredar di sosial media beberapa hari terakhir ini. Kenaikan beras, harga BBM yang sempat naik, harga beras di pasaran yang melonjak, turunnya nilai rupiah secara signifikan terhadap dollar AS paling tidak membawa pesan yang mudah ditangkap oleh sebagian masyarakat umumnya: tumben, mahasiswa Indonesia diam saja. Sebagai mahasiswa senior yang … Continue reading

Hey, siapa kita? siapa mereka? mari ngaca!

Kampanye Pemilu emang selalu bikin hidup di Indonesia jadi seru, at least dalam 5 tahunan, hehe… ini lah masa di mana, tukang sablon, konveksi untung besar, atau bisa juga buntung parah karena caleg gagal lolos gak mau bayar sisa cetakan (banyak kejadian tuh, hehe). Buat para ‘penonton’, simpatisan, atau golput-ers, santai aja sih, gak usah pake jotos2an atau sampe … Continue reading

Jakarta butuh Revolusi, bukan Sekedar Janji dan Harapan…

DKI Jakarta sebagai pusat ibukota Negara Indonesia, sepertinya sudah kita maklumi bersama keadaannya. Dimaklumi kemacetan; banjir yang jadwal absensinya sebanding dengan aksi demonstrasi yang menjadi rutinitas sehari-hari; keamanan, kenyamanan dan ketenteraman penduduk yang mengkhawatirkan; serta yang cukup mahal saat ini yaitu air dan udara bersih yang menjadi konsumsi warga DKI Jakarta sehari-hari menurun kualitasnya karena … Continue reading

Chaos Theory, dalam Masyarakat

Sore ini saya berdiskusi dengan Pa Azman, seorang Pria Malaysia beranak 5 yang sedang menempuh S3 di kampus saat ini saya sekolah, Yeungnam University. Beliau semester ini diwisuda, alhamdulillah… Oh ya, Pa Azman bisa kuliah di sini atas biaya dari perusahaannya bekerja di Malaysia, ‘Telkom’ Malaysia. Pembicaraan saya dengan Ce’ Azme, biasa beliau disapa, selalu … Continue reading

Kemerdekaan itu apa?

Tergelitik untuk menjawab, apa itu arti kemerdekaan. Secara hakiki, tentunya kemerdekaan adalah suatu kondisi di mana setiap jiwa memiliki kebebasan untuk berkehendak (tentunya dalam koridor yang ditetapkan dalam konsesus bersama). Kemerdekaan berarti lepas dari keterpasungan politik, ekonomi, dominasi dan juga sistem, dalam tatanan berbangsa dan bernegara. Lalu, apa arti kemerdekaan bagi diri kita sendiri? Mencoba … Continue reading

Lomba Essay Hardiknas PERPIKA 2011

Pada hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2011 lalu, PERPIKA mengadakan acara lomba essai untuk para pelajar di Korea Selatan. Tertarik untuk ‘curhat’ di sebuah essai,,, akhirnya memutuskan utk ikutan deh, hehe. Tak disangka, tulisan (yg lebih mirip uneg2 ini tumpah, paaahhh, hahaha) memenangkan juara 1. Entah apa opini para Juri sehingga memenangkan essai ini. Lepas … Continue reading

Lagi, Silaturahim ala Anggota Dewan di Korea Selatan, kali ini bersama para Pimpinan MPR

“Wakil rakyat kumpulan orang hebat…” Surat buat Wakil Rakyat, Iwan Fals Minggu 17 Juli 2011, bertempat di Wisma Duta Seoul, diadakanlah pertemuan warga Indonesia di Korea Selatan bersama para Pimpinan MPR, Anggota DPR dan DPD RI yang hari ini tentunya sangat ‘spesial’, karena juga dihadiri oleh Ketua MPR RI, Bapak Taufik Kiemas. Kedatangan ini terasa … Continue reading

pacific forum CSIS: Korea

OKe, ini cerita yang jarang2 nih, hehehe…. kemaren aye ikut sebuah acara yang digagas oleh pacific forum. Acara kemarin bertemakan hal yg menarik, yaitu mengenai strategi Korea dalam menginternasionalisasikan negaranya melalui sebuah konsep: Global Korea. Global Korea ini sendiri adalah sebuah kebijakan yang dibuat oleh Presiden Lee Myung Bak (2MB,,, di Korea, dua= I/Lee, MB … Continue reading

My thoughts in Twitter: @andytirtaboy